Cerita Promil Part 2 : HASIL TES SPERMA PERTAMA 👶

JANUARI 2019

Gambar terkait


Halo aku mau share cerita promil aku :) akan aku ceritain tahap by tahap , aku senang share ini supaya jadi terapi juga buat aku dan bli supaya tetap semangat dan lihat perjuangan-perjuangan kita udah sejauh ini.. Meski memang syedih sih kalau di cap (Ah baru juga 6 bulan nikah kok segitu nya amat- Gimana yang ampe nunggu 2 tahun , 4 tahun dll) Well sejujurnya ini adalah kata-kata yang sangat menyakitkan pemirsah... :P apalagi ada yg bilang (alah baru segitu, tunggu ajaaa pasti dapat kok....alah aku loh udah 2 tahun nikah belum dapat santai aja... aduh kamu kok ampe segitunya dll..) ini pernah aku dapatin kata-kata kaya gini tanpa mereka tahu gimana keras nya kami berusaha 6 bulan ini :) tanpa mereka tahu mental, tenaga dan materi yang sudah kita keluarkan untuk tetap berusaha..

Sejujurnya aku dan bli pasrah dari awal, malahan kita mau dapat baby sejak pertama kali menikah ..pokoknya sudah siapkan vit. E dan Folavit a.k.a asam folat persiapan kalau aku hamil bahkan 2 kotak Prenagen Enesis supaya tambah joss :P tapi siklus aku di Nov, Des, Jan dan feb (4 siklus) Selalu tidak Berhasil, karena si M selalu datang.. kita masih belum kepikiran sih :P hihihi mau program ini itu...bahkan memang disaranin untuk nunggu setahun supaya bisa hamil alami :) begitulah kata dokter dan berbagai artikel, maka tenang lah kami..

Tapi karena sekali lagi kita jadi sadar diri untuk cek secepatnya adalah karena kita punya teman dan mereka sudah cek hampir 2 tahun belum punya momongan ternyata ada masalah di suami yaitu penurunan kualitas dan kuantitas sperma, setelah di cek ternyata karena varikokel dan disarankan untuk operasi..

    Kami berfikir dari pada menunggu lama dan ga ada juga salah nya untuk periksa maka sang suami pergi lah ke lab dan bergeriliya dengan ruangan untuk tes sperm.

   Setelah itu kami kasih hasil Sperma Analisis suami dan kami sudah siap mental kalo memang suami agak kurang bagus sperma nya di katakan disitu "Oligo-Astheno Zoo Spermae" dimana kondisi sperma kurang dan kecepatanya sedikit. FYI bli bukan perokok ya, dia bahkan rajin olahraga rutin tapi memang makanya agak suka yg penyet2an gitu dan polusi jakarta serta naik motor terkadang jauh banget bahkan dulu pas S2 UI suka banget bolak balik Depok-jakarta naik motor...

    Pertama kali tahu akan hal ini sungguh membuat kami terkejut dan jatuh tapi kami sadar mungkin kami harus sudah mengkonsumsi makanan sehat dan mengurangi makanan-makanan junk food. Setelah dari Rumah sakit kami bertekad untuk memulai dan berusaha..

   Dokter menyarankan kami untuk suami terapi vitamin terlebih dahulu (untuk 3 bulan)  dan aku tetap mengkonsumsi asam folat saja, terapi vitaminnya adalah Vitan, Eturol dan Ubesco. Untuk terapi vitamin sendiri kami mulai kewalahan karena harganya yang tidak murah untuk 3 bulan.

Biaya yang kami keluarkan saat itu sungguh fantastika maknyoso pemirsa karena ga di tanggung asuransi kalo promil : (akan aku ceritain lebih detil di blog selanjutnya /cerita promil :P heheheh )


Vitamin nya waktu itu kami tebus hanya 1 bulan dulu (itu juga kami harus cari vitaminnya di Rawa mangun Apotik Rini )
nama obatnya aku ingat banget

Vitan, Ubesco, sama Eturol sekitar hampir 2 juta untuk vitamin sebulan.. Jadi bulan itu kami hampir habis 3 juta untuk 1 bulan treatment..
Karena itu di bulan feb 2019 kami inisiatif untuk memeriksakan ke Spog terutama dokter K.fer , maka dirujuklah bli melakukan tes sperma (analisis sperma) dan hasil nya sebagai berikut :

  1. -Ket jumlah Sperm nya 10,3jt/ml yang seharusnya sekitar min 15jt/ml
  2. -Gerak Cepat nya 30 % yang seharusnya min 32%
  3. -Dan Morfologi nya sekiar 4 %
  4. Aglutinasi Positif
  5. Dan hasil lainnya PH, fisik, volume nya masih dalam batas aman
Dari sini bisa dikatakan Oligo Astheno meski tidak terato tapi hasil morfologinya sangat mepet 4% ..kalau aku rasa sih masi Oligo Astheno yang ringan.. heheh setidaknya untuk boost vitamin mudah2an bisa menjadi normospermae alias normal :P karena untuk membuahi hanya perlu 1 sperma saja...

Well kalau aku berfikir untung saja kita tes secepatnya.. jadi kita bisa tahu langkah yg kita mau lakuin.. gak kebayang kan kalau nunggu setahun abis itu nunggu lagi pemulihan dll.. mengingat pemulihannya ini bisa memakan waktu 3 bulan 6 bulan bahkan sampai 9 bulan juga ada (tergantung hasil SA nya ringan, sedang atau berat)..

Disaat ada orang lain mungkin jadi merasa ini suatu ketidak beruntungan... maka aku merasa ini adalah suatu keburuntungan kami untuk lebih cepat tahu.. (Wasting time complaining about everything) yess.. aku jadi belajar sama suami banyak hal dalam kehidupan persuami-istrian..

Yep kita mau sama-sama berusaha kok :) 

Love,
Shella 

#Oligo #Sperma #OAT #Astheno #Oligoasthenoterato #Spermatozoa #sperm #tessperma #terato #oligoasthenoteratozoospermae #Aglutinasi #spermcount #spermcounts #promil #programhamil #trytoconceive #TTC #ttcjourney






Biaya Analisis Sperma Pramita Jan 2019 : Rp. 400.000,-


Untuk itu kita sepakat untuk sama-sama saling berusaha dan mengikuti anjuran terapi vitamin, cari di internet apa saja yang bagus untuk kualitas dan kuantitas sperma..

Contohnya :
1. Buah yang berwarna merah : Semangka, Naga, Tomat dll
2. Vitamin yang mengandung Anti-Oksidan yang tinggi
3. Tidak taruh Hp dalam saku celana
4. Tidak Naik Motor Lama-lama
5. Meminimalisir Stress

* dan yang kami lakukan contoh nya adalah dibawah ini kami lakukan setiap hari dengan enjoy dan berpengharapan:


Jus Setiap Hari (sampai beli blender bela-belain)
hampir 3 hari sekali pasti belanja buah
Setiap pagi bli aku kasih sarapan telur ayam kampung
Aku dan suami juga mulai rutin konsumsi jus setiap hari terutama buah-buahan yang berwarna merah seperti buah Naga, delima, tomat, wortel,madu, dll. disitu kami memang lagi jor-joran banget untuk rutin dan berdoa terus...
Setiap hari rutin Jus dan buah











Komentar