Cerita Promil Part 12 : Menjalani Test HSG Menyakitkan?? Akhirnya aku Melaluinya

AGUSTUS 2019

Hasil gambar untuk hsg animation



Awal-awal menikah tak pernah ku bayangkan untuk promil sejauh ini, kupikir dulu setelah menikah pasti langsung hamil.. bulan-bulan pertama aku searching di Google tentang pengalaman orang untuk promil.. Sampailah pada tahap hsg atau pengecekan saluran tuba falopi, di mana proses itu sangat menyakitkan dan terbesit di pikiran ku "jangan sampai deh kaya gitu , mudah-mudahan". Tapi takdir berkata lain, dokter menyuruh aku untuk HSG, yang merupakan suatu tiket juga untuk menjalani inseminasi. Sakit nya aduh pikir-pikir nanti deh..

Untuk yang belum tahu apa itu HSG bisa googling, karena nanti kepanjangan kalau cerita disini, heheh initinya nanti perkakas (vagina) kita yang di bawah bakal di buka sama cocor bebek, di masukin pembuka serviks, terus di masukin jarum panjang untuk masukin cairan kontras supaya masuk sampai tuba falopi, kalau tidak masuk berarti tandanya ada penyumbatan.


Hasil gambar untuk meja hsg


Tiba hari itu aku ingat banget 10 Agutus 2019, dimana sudah hari ke-9 siklus menstruasi ku adalah waktu yang tepat untuk HSG sesuai rujukan dokter Beelioni.


Waktu itu sebenarnya kita rencana akan periksa di RS Hermina langsung, harga nya sekitar Rp. 1.800.000,- (jangan tanya pakai asuransi apa, karena pure cerita promil di blog ini pakai uang pribadi :P heheheheheheheheh), tapi aku sempat iseng nanya apakah di Lab gitu bisa apa enggak.. mungkin lebih murah lumayan yaaa setiap tes gini kalau di gabung-gabung yo harga nya bisa buat beli apa gitu.. ahahahah tapi ya balik lagi daro awal aku sama bli sudah komitmen.. uang bisa di cari lagi nanti.. selama kita berusaha pasti rejeki ngalir lagi kok.. hehehe :P


Ternyata HSG di Lab, hanya bisa di Lab terntentu karena peralatannya yang lengkap hanya di Pramita Lab di Matraman, aku langsung booking jauh-jauh hari. Jadwal nya sudah keluar jam 16.00 Sabtu 10 Agustus 2019 oleh dr. Kahar (dokter cowok :P). Jangan tanya gimana mental nya jadi dobel, setelah rasa sakit di tambah perkakas di obrak-abrik sama dokter cowok.. hehehehe :P


Sejujurnya aku sempat mau mengurungkan niat padahal sudah sampai hari H ... ahahah mana sempat ada adegan mewek-mewekan dulu sama bli.. sampai bli bilang kalau belum siap kita bisa tunda bulan depan. Tapi aku pikir kita sudah sejauh ini, masak aku kalah sama rasa takut dan rasa sakit, toh sakit melahirkan akan lebih sakit dari HSG pikir ku..


Jam setengah 4 kami sudah sampai di Pramita Lab Matraman, kami menunggu karena harusnya form itu kami beri di ruang radiologi (ada missunderstanding), kami lama sekali menunggu padahal kami adalah pasien pertama yang harus di HSG saat itu (konfirmasi dari CS).. tiba-tiba ada pasangan baru datang jam 16.10 dia kasih form nya ke ruangan radiologi.. otomatis mereka duluan yang di tindak.. (yah di sini udah ngomel-ngomel sama bli , kok ya ga dari tadi dikasih) masih kesel... ahahahah singkat cerita jadi nya kita pasien ke dua yang di tindak.. mereka yang baru datang langsung di tindak padahal kita udah nunggu setengah jam lebih.


Sambil menunggu ruang radiologi, saya masih ngobrol-ngobrol sama mba-mba yang baru datang tadi, terus aku yang sedari tadi gelisah, cemas, tangan udah dingin berkomunikasi sama mba e.. kurang lebih gini :


Aku  : Mba mau Hsg juga ya, mba aku kok deg-deg an ya..

Mba-mba : wah iyaaa nih... ooo tenang aja relax aja..
Aku : Mba udah berapa lama menikah (tanya ku kepo)
Mba-mba : Setahun lebih, tapi aku sudah cek hormon, cek ini itu dan sebagainya karena dokter Caroline (dr. di OMNI) minta semua test lengkap.. mba nya dokter mana?
Aku : Aku dari Hermina mba, dokter beelioni.., oia mba nya sudah di kasih obat sebelumnya?
Mba-mba : Oia aku dengar banyak yang di kasih obat dari dubur gitu, tapi aku nggak makan obat kok
mba nya pakai obat?
Aku : Ia mba aku juga bingung orang-orang kok di kasih obat ya sama dokter nya, namanya tramadol yang dari dubur gitu, tapi ga bisa beli sembarangan.. Jadi aku makan Ponstan aja tadi 2 biji (sangkin takutnya makan langsung sekali 2 biji yg 500mg jadi total yang aku makan 1000mg) 

(Terus langsung Akrab)


Aku (*tegang)

Mba-mba : Santai aja kok, relax ya.. gapapa kok.. aku juga baca-baca tapi harus tetap tenang

Aku *(Seketika langsung agak tenang, soalnya kaya ada temen sepenanggungan dan senasib heheheheh


*Tiba-tiba mba nya dipanggil dan masuk kedalam


Aku masih cemas tapi mulai tegar dan tenang...


15 Menit Berlalu : Kok mba nya belum kelar-kelar ya (Hsg paling 15-20 menit menurut google)


30 Menit Berlalu : Waduh kok mba nya belum keluar-keluar yaaaaaa (Suaminya juga menunggu di luar ruangan).


45 Menit Berlalu : Waduh aku makin cemas dan takut (Masih sempat berbisik ke bli kalau kita jadi nya nunggu lama, harus nya tadi kita duluan yang ditindak)


Haduh aku makin was-was, tangan ku makin dingin, deg-deg an maksimal, pikiran udah macem-macem kenapa sampai lama banget.. cemas sudah pasti..


50 menit Sudah berlalu.. kemudian pintu ruang radiologi terbuka.. mba-mba yang tadi keluar dengan muka pucat, datar dan jalan sambil terseret dan sedikit ngangkang.. beliau seperti menangis.. dan masuk ke ruang USG di persilahkan masuk sama suster..., suster lari keluar ambil alat tensi, sedang suster yang lain keluar tergesa-gesa dan abil teh hangat... sesuah itu dokternya masuk juga dan suaminya juga langsung lari masuk keruangan tersebut..


Reaksi ku kala itu narik tangan bli, dan pengen kabur saat itu juga..

Ga bisa ku bayangkan saat itu aku nerveous dan jantung ku berdetak keceng banget..
Ga bisa ngebayangin sesakit itu..Aduh jadi agak nyesel nggak cari tramadol.. mudahan 2 biji Ponstan tadi bermanfaat karena aku tipe yang sangat sensitif dengan rasa sakit..

kondisi mba-mba tadi jangan tanya : karena masih di rawat diruangan USG, aku berharap nggak ikutan di rawat disitu..


Tibalah nama ku di panggil.. jreng-jreng...


Aku langsung di suruh ganti baju dengan kimono saja tanpa pakai CD..


Aku naik ke meja radiologi..


Hasil gambar untuk meja hsg


Posisi duduk ku adalah seperti ini :




Mengangkang lebar-lebar pas di depan dokter nya, tapi syukurnya dokter nya nenangin dan enggak diem ...


Pas cocor bebek dimasukin rasanya sih sakit yang tidak nyaman gitu, tapi  masih bisa di tolerisasi...tapi setelah cairan kontras masuk.. jlep sakitnya 2-3 kali hari menstruasi pertama dah.. tapi cuman sebentar kok, rasanya ga nyaman pasti sakitnya masih bisa di toleransi..


Dokternya suruh miring ke kiri- ke kanan, then..


Ternyata lepasin alatnya pakai cocor bebek lagi.. disini yang aku ngerasain agak sakit pas ngelepasin, keluarin alat dan keluarin sisa cairan kontras.. sakit nya ngilu-ngilu yang brrrrrr gitu..


Aneh nya aku kelar dalam 15 menit saja... dokternya juga bilang hasil nya bagus kok patent 2 2 nya hanya saja rongga rahim akag kontraktil (ini aku nggak ngerti).


Usut punya usut ternyata aku beruntung banget jadi pasien kedua, saat itu mba-mba yang relax pertama ada kesalahan teknis di alat nya jadi (tapi menurut dokter di dalam cerita mba mba nya terlalu tegang). Jadi Intinya dia mengalami 3 kali bongkar pasang alat di perkakas nya, jadi dia ngerasain apa yang aku rasain 3 kali... waaaahhhh pantes aja mba nya langsung lemes , sakit dan pucat... (si bli langsung untung tadi nggak jadi yang pertama kan....) wahhhh thank to God deh..


Thank to God jugaaaa karena aku sudah melewati masa-masa menyeramkan ini..


Hasilnya bisa langsung aku ambil jam 8 malam nya..


Hasil nya :

1. Uterus Spastik, Kontraktil atau Irritable
2. Kedua tuba patent, tidak tampak tanda perlekatan pada kedua adnexa.

Biaya test RP. 1.465.000,- (2019)


Selanjutnya kita akan ke Klinik Yasmin RSCM Kencana untuk bli tes lanjutan (Tes Sperma dan tes DFI atau Test HALO).




Love,





Shella Situmorang


Komentar