Wedding Diary 5 : Rangkaian Acara



Halo kali ini aku mau bahas tentang rangkaian acara pernikahan aku nanti :) well aku adalah perempuan campuran batak toba dan batak karo yang hidup kental akan adat dan budaya pada saatnya hati ini lulu lantah jatuh ke pelukan pria bali yang juga bertumbuh dengan nuansa adat yang kental (Sumpah kata-kata aku barusan sangat-sangat di dramatrisir) ahhahaahhaahah...

Sebenarnya kita tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pernikahan dengan adat bali maupun batak, tapi tau sendirikan kalo search di Google pakai kata kunci  "Biaya pernikahan adat termahal di Indonesia", pastilah Batak atau pun Bali selalu nongkrong di thread itu, itulah mengapa aku dan bli memutuskan untuk fokus 100% ke adat Bali dulu, hal ini juga karena bli adalah pria yang akan membawa aku ke keluarganya, karena batak ataupun bali menganut sistem Patriarki. Meskinpun mamaku sudah memberi mandat bila nantipun kami bisa di adatin batak kapan-kapan, kecil-kecil saja nggak apa-apa. 

Untuk rangkaian acaranya pun sebenarnya tidak jauh beda seperti Ngidih/Memadik/Nyuang adalah pertunangan, kalau di bataknya biasa disebut Martumpol. Pada prosesi ini seperti pertunangan, tapi di Bali biasanya sang mempelai pria akan ke Rumah mempelai Wanita untuk dipinang dan dibawa ke rumah nya. Rangkain acaranya seperti tukar cincin, berdoa, dan ga sedikit aku lihat kalo di youtube , banyak adegan nangis-nangisnya :'( hiks rasanya berlinang air mata berpisah dari orangtua, padahal kan ya besok-besok bakalan balik rumah lagi yaaak 😅😅 tapi mungkin tetap aja beda ya, kalo balik udah jadi suami orang heheheheh :P

Well, untuk ngidih karena aku bakal nikah di Lombok, pastinya ngidih di Medan jauh banget ke lombok, jadi diputuskan aku diambil dari rumah keluarga bli yang di Cakra Mataram pada hari Rabu 14 Nov 2018 astungakra amin. Hehehehe untuk pakaian sendiri kami sudah menyiapkan jauh-jauh hari :) kebetulan aku beli sendiri kainnya , trus kirim ke Ibu tukang jahit langganan aku di Jogja, waktu itu aku barengan jahitnya sama yang buat Prewed (postingan prewed sebelum postingan ini), hasil nya aku suka bangettttt :'( meski pada akhirnya nya warna yg aku pilih ternyata terlalu gelap dan susah cari warna untuk kamennya.

Kurang lebih ini adalah dandanan saat ngidih
Foto diatas ini kurang lebih gambaran untuk ngidihnya, sebenarnya tergantung orang sih untuk tatanannya, karena aku berdasarkan yang aku lihat orang ngidih itu ada yang biasa aja sampai yang dandanannya rame banget 😆tapi balik lagi karena aku pengen sederhana, refrensi foto diatas yang aku pengenin buat aku ngidih nanti, bli pakai safari pendek, bahkan aku pakai kebaya lengan pendek (OMG) ini beneren loh soalnya aku belu pernah lihat foto ngidih di Google ataupun kondangan orang pas ngidih lengan pendek... sampai aku suruh bli tanya calon mertuaku boleh nggak sebenarnya pakai lengan pendek (segitu katroknya) ahahahhha tapi karena aku emang suka banget style sederhana tapi mevvah gituloh hhohohoohoo.
Setelah selesai ngidih hari rabu nya, aku bakal di bawa kerumah bli di Praya dan mulai di pingit sampai hari sabtunya tgl 17 November 2018, 3 hari aja mengingat cutinya ga bisa libur lama-lama, hihihihi.. tapi aku bakal acara lagi di hari jumat 16 Nov namanya acara mepandes.. karena aku belum metatah.. nanti nya aku akan di tatah bersama 8 orang lainnya...

Prosesi Metatah/mepandes
Setelah hari jumatnya prosesi metatah tibalah saatnya untuk acara Pawiwahan atau acara pemberkatan, acaranya sendiri kita mau jadwalin jam 9 pagi untuk dandanan ini aku akan pakai riasan Payas Agung seperti kebanyakan wanita bali lainnya :P excited??? agak dug-dud sueerrr jugaaaa sih yaaaa pasti berat banget itu bisa sampai 3-5kg bahkan lebih di kepala ihihihihihihih botak dah rambut abis itu bisa pusing-pusing ... untuk urusan salon ini aku cari salon yang menurutku memang bagus, dan ga itu juga ternyata harga nya juga harga termahal se lombok :'( hiks hiks nangis di pojokan dan bli berusaha menenangkan bahwa kita menikah seumur hidup sekali aja jadi boleh lah, dia juga ga tega kali yaa kalo calon pengantinnya kaya badut  ntar hahahahhaha... nama salonnya sangat terkenal "Salon Liontin", sudah ketemu langsung sama ownernya mbok man yang baik banget ngejawab pertanyaanku (cerewet)...
tapi nilai minusnya juga ada, sangkin terkenal nya mungkin mbok man nggak terima untuk payas di rumah ataupun gedung, jadi harus payas di salonnya. Karena mbok man ga mau terganggu sama hal-hal yang bikin ribet, kalaupun terpaksa harus panggil harganya bakalan mahal sekali ongkosnya bahkan hampir harga make-upnya sendiri 😹ya mau ga mau meski eike dipingit harus kesalon dulu subuh nyeeee,,, tegar dah diri ini di mobil pake payas agung (semoga nggak nyungsep).

Payas Agung
Setelah acara pawiwahannya kita akan lanjut resepsi di sore hari nya :) untuk payasannya sendiri aku akan ganti jadi payasan yang modifikasi karena biar ga berat dan lebih simple aja..


Untuk resepsi tema kami adalah hijau floral peach gold, dimana para mama mama ku akan mengenakan seragam warna olive, dan bridesmaid ku juga pada pakai seragam ini :) (udah aku post yang tentang bridesmaid)...

Untuk payasan sendiri aku payas bali modifikasi yang simple aja, mirip-mirip lah sama gambar diatas, jadi ga perlu lagi berat-berat dan pakai malam/celak hitam di dahi,dll :)

Well itu adalah rangkaian acaranya, simple tapi padet banget ya prosesi nya... sekarang memang H-2 bulan acara.. masih banyak yang mesti aku persiapin dan maintenance pasti nya... aku sama bli sungguh sibuk sekali mengingat kita hampir 80% yang menyiapkan semua dari acara, dekorasi, salon, sovenir, undangan, wedding organize, cincin, baju, pretelan ini inu ono ene... sumpaaaaahhhh kederrrr dah gueeeeee untung nikah sekali doang yaaakkk, ga mampu dah gini kalo ampe berkali-kali ... ditambah kita tinggal beda pulau sama lokasi acara.. benar-benar tenaga, pikiran extra loh :'( hiks berantem-berantem juga suka mewarnai lika liku menuju pelaminan (ceileeee) ahahahha tapi cuman sebagai bumbu aja sih karena kita selalu saling komunikasi dengan baik supaya tujuan dan keputusan kita nanti nya meminimalisir resiko nyesek.. ahahha jadi kalo ada yang belum sempurna kita cuman bisa ketawa-ketawa kan ini keputusan kita bersama....

oceeeee deh nanti aku bakalan update lagi ya :) kira-kira aku update yang seperti apa? apakah aku rinciin satu-satu atau gimana ... maaf-maaf yaa kalo tulisan ku belepotan ... maklum lah ya sekarang sibuk kerja (jadi wanita karir) hahahahha, jadi nya nulis juga asal cepat jadi..

ciao,

Shella Situmorang

Komentar