Wedding Diary 13 : PAWIWAHAN ADAT BALI DENGAN MANGULOSI BATAK


Setelah di hari rabu tanggal 14 Nov 2018 aku udah diambil oleh keluarga mempelai pria, maka otomatis aku dan bli di pingit ga boleh kemana-mana, alhasil kita serah kan semua tugas dan tanggung jawab ke keluarga untuk ngurus ini itu dan penjemputan tamu di bandara... ada cerita tersendiri dari proses di pingit ini, jangankan keluar rumah, ke sanggah aja nggak di perbolehkan... apalagi ke rumah tetangga.. apalagi kerumah mantan buakakakkakakkakakak.. nggak boleh yaaa..

Saat dipingit 4 hari ini kami mulai berkemas, mejajaitan (bikin bante, canang), semua keluarga dan kerabat ikut membantu proses metulung atau megae.. ada yang masak, ada yang bantuin buat banten, buat megibung, aduh ada banyak hal lah, bisa ratusan orang datang memenuhi rumah dan ikut membantu selama 4 hari aku dipingit... sejujurnya mirip sih sama kegiatan di kaban jahe kota kelahiran aku.. aku ikut bantu-bantu aja kaya ngantar kopi atau teh untuk saudara yang datang..

Dan selama prosesi Pingit ini, aku juga cuman bisa tidur 4-5 jam sama bli tanpa tidur siang... karena tamu datang silih berganti yang ngelihatin nganten nya.. ada yang datang jam 7pagi sampai ada juga yang datang jam setengah 12 malam... mereka datang nya satu-satu keluarga gitu.. bawa hadiah.. bawa kado... yang paling penting mereka pasti akan membawa beras dan gula yang sangat banyak...
dalam kurun 3 hari saja beras nya udah bisa 3 karung besar dan gula 1,5 karung besar... bahkan kado nya aja nggak kehitung... paling salut sama adat bali yang semua orang saling membaur monolong dari hal terkecil sampai yang besar.. khusus cerita ini kaya nya perlu bikin postingan tersendiri deh heheheheh :P disertai gambar-gambar nya ... uhhhuuuuhhhuuuiiiiii setuju?

Masih inget banget, waktu udah tanggal 17 Hari H nya meski bobok cuman 2,5 jam, bangun jam 3 subuh kita langsung pergi kemataram untuk ketemu sama mbok man dan mulai dipayas.. hari itu deg deg an banget suerrrrr ihiihihi keringat dingin bercampur aduk jadi satu..payas/merias nya kurang lebih 4,5 jam untuk aku sendiri, kalo bli paling 1,5 jam aja... itu bayangin dipakein baju aja aku udah berdiri selama sejam.. ngantuk dan lelah banget..

Setelah mepayas Julita sama Anet langsung datang ke salon dan kita langsung poto-poto hihihihi tapi potonya belum jadi..

Terus lanjut sesi Poto-Poto lagi, supaya nanti ga repot poto di TKP.. banyak orang yang ngeliatin kan malu.. heheheheeh bener-bener jadi Raja dan Ratu sehari ..







Sebelum memulai acara Widiwidana, kami melakukan salah satu prosesi adat Batak yaitu Mangulosi, dimana pihak sang mempelai perempuan akan mengikatkan kain ULOS kepada pengantin dan Keluarga calon mempelai pria sebagai tanda telah melepaskan boru/anak gadis mereka untuk mempelai pria... waktu itu sempat terharu dan nangis lagi sih cuman nahan-nahan supaya makeup nya nggak luntur secarakan masih pagi banget acara nya ampe malam hohohohhohoho :P
Seluruh keluarga ku memberi wejangan dan di Ulosi..

Setelah itu kami pindah kesanggah untuk acara Metatah dan Widi Widana berupa natab dan beberapa adat bali lupa nama nya apa..


Sebelum Metatah 




Metatah, bli ngelihatin aku aja... mama mertua siap sedia nemenin aku ihihihi


Sesudah Metatah dan siap di Widi Widana


Natab Widi Widana


Mendagang-dagangan


Medagang-dagangan 
Bakul yang dibawa oleh calon mempelai wanita tersebut kemudian akan dibeli oleh calon mempelai pria. Kegiatan tersebut merupakan analogi dari kehidupan berumah tangga yang harus saling melengkapi, memberi dan mengisi, hingga meraih tujuan yang diinginkan.



Menusuk Tikeh Dadakan

Calon mempelai wanita telah bersiap memegang anyaman tikar yang terbuat dari daun pandan muda (tikeh dadakan). Sedangkan calon mempelai pria memegang keris, siap menghunuskantikeh dadakan dengan kerisnya. Menurut kepercayaan adat Bali, tikeh dadakan yang dipegang calon mempelai wanita menyimbolkan kekuatan Sang Hyang Prakerti (kekuatan yoni), dan keris milik calon mempelai pria perlambangan dari kekuatan Sang Hyang Purusa (kekuatan lingga).
































Komentar