Cerita Promil Part 5 : SKRINING TIROID 👶

MEI 2019
Hasil gambar untuk thyroid and pregnant animation

(Pentingnya Skrining Tiroid untuk Program Hamil)   Halo aku mau lanjutin perjuangan promil aku :P kali ini sampai pada Tahap selanjutnya..

Mungkin saat aku baca berbagai pengalaman orang yang sedang promil, rata-rata mereka disarankan untuk HSG dulu, tapi berhubung aku masih takut karena rata-rata bilang itu sakit banget.. jadi aku tunda dulu untuk tes HSG nya :)

Oia jadi cerita nya kalau mau hamil penting banget untuk kita perempuan melakukan skrining Tiroid.. alasan nya karena ini : 

Tiroid menghasilkan hormon yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan. Menurut peneliti Inggris, perubahan fungsi tiroid dapat memiliki efek besar pada fungsi reproduksi sebelum, selama dan setelah pembuahan.

Pentingnya skrining tiroid sebelum merencanakan kehamilan

Melihat peran kelenjar tiroid yang cukup besar dalam kesuksesan kehamilan, para ahli menyarankan bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan, kesulitan hamil, dan/atau mengalami keguguran berulangsebaiknya menjadwalkan check-up ke dokter. Tujuannya untuk melihat ada tidaknya penyakit tiroid yang mungkin bisa jadi dalang di balik kondisi tersebut.
Semakin dini Anda melakukan skrining tiroid, maka semakin besar pula peluang Anda untuk bisa hamil, menurunkan risiko keguguran, serta meningkatkan kesehatan bayi selama dalam kandungan.
Berhubung waktu itu bos aku bilang kok kaya nya leher kamu agak besar ya, aku meyakini kalau memang jakun ku gede banget :P ahhahaha aku jadi sangat penasaran dan kepikiran banget mau ngecek nya :P tapi apa salah nya toh ini juga sebagai salah satu tahap untuk promil ku aku pikir..
Alhasil beberapa minggu dari situ aku dan bli langsung datang ke Spesialis Penyakit dalam (Sejujurnya aku bingung datangin spesialis apa) :P ahahahhah
Aku datang ke RS. Hermina Kemayoran dengan dr. Erik Rohmando Purba Sp.PD, beliau sempat cek fisik leher ku dan menyarankan untuk USG Leher dan Tes Darah berupa Tes fT4 dan TSH..

Kemudian aku di arahin untuk menuju Laboratorium untuk tes darah dan Radiologi untuk USG Leher..

Biaya :
1. Konsul Dokter Spesialis : Rp. 224.000,-

2. Tes darah FT4                : Rp. 439.000,-
3. Tes darah TSH               : Rp. 180.000,-
4. USG Tyrhoid Leher        : Rp. 735.000,-

Total Keseluruhan : Rp. 1.578.000,-

Jadi tes darah sendiri itu hasil nya baru keluar setelah 3 hari diambil darahnya,

Waktu itu yang bisa dilakukan adalah USG Thyroid, prosesnya sama kaya USG biasa sih cuman daerah leher..
Dokter radiologi nya sih bilang kalao hasil tiroid ku bagus, tidak ada kelenjar-kelenjar yang tidak di inginkan dan biasanya hasil tes darahnya pasti baik..

hufftttt syukur lah aku bisa tenang :P hehehe setidaknya jadi tahu kalau aku ga punya masalah sama tiroid.. salah satu penyebab susahnya terjadi kehamilan... THANK GOD

Jadi aku tinggal tunggu hasil cek darah, tapi karena udah dengar dokternya ngomong kaya gitu aku jadi ga begitu terlalu excited ambil hasil test nya tapi no prob lah yaaa :P secara udah di bayar juga hehehhe..

Update :
Semua hasil Tes Darah dan Usg Leher





Hasil :
Hasilnya baik-baik saja

Tes darah masih dalam batas ambang Normal

Love,
Shella

#Tiroid #hamil #pregant #hipotiroid #hipertiroid #tes #Lab #T4 #fT4 #TSH #Thyroid #TTC #Promil



Komentar