Catatan Tentang Hidup


Yogyakarta, Waktu itu Januari 2012

via telpon..
bapak : Nak udah bapak kirim uang kuliah mu sama uang bulanan mu ya..

beberapa hari kemudian..
malam itu terasa resah nggak bisa tidur,padahal besok UTS, ku putuskan untuk nonton Youtube saja (random video).


Pagi hari nya, ada dering hp dari seberang sana, menyampaikan kalau aku harus segera pulang ke kaban jahe (kota di sumatera utara sekitar 3 jam dari medan)  saat itu juga.. karena bapak ku sedang sakit keras.. (yaaa saat itu lagi-lagi aku harus UTS) tapi mereka bersikekeh supaya aku pulang saat itu juga... ku tanya.. "mana bapak, mau ngomong?" mereka diam tak berbisik...

lanjut mereka "nak pulang lah sekarang, saat ini bapak mu sakit keras dan perlu kamu ...

Tanpa berfikir yang jauh, aku hanya memikirkan .. sakit apa ya bapak..?? kemarin sehat-sehat saja..
Lantas aku jauh mengingat masa masa kecil bersama bapak..

Sambil mandi aku nangis sekencang mungkin sambil teriak "bapak..... bapak....."

Kemudian aku punya pemikiran : Apakah bapak sakit dan akan meninggal .. aku tepis pemikiran sedih itu jauh-jauh.. dan aku hanya berharap bagaimana aku bisa terbang dari Jogja ke Jakarta saat itu juga..

Ah.. hal yang pertama ku lakukan saat itu adalah masih sempat ke kampus..

iya Ke Kampus..

Aku ke kampus untuk minta Izin.. mau pulang kampung karena Bapak sakit..

Aku masih sempat pulang ke kosan dulu untuk siap-siapkan baju.. sampai berfikir apakah bawa baju hitam... aduhhhhhhh kenapa aku masih berfikir seperti itu...

jam 12.30

Aku telfon lagi orang dikampung dengan penasaran.. bapak ku ini sakit apa sih.. tapi yang aku dapatkan hanya jawaban " pulang sekarang ya nak.. bapak sudah nunggu ".

Aku pun masih berfikir ke travel saat itu untuk beli tiket (saat itu belum ada traveloka, tiket.com dan sejenisnya).. "aku masih santai" meski sambil sesenggukan penuh tanya...

Tiba-tiba... (telfon ku berdering)

Adik sepupu ku : "kakak sudah dimana??? *Suara Panik"
Aku : Kaka masih di Jogja, kenapa dek *Tanya ku mulai penasaran
Adik Sepupu ku : "Kok masih di Jogja sih kakak ini , sudah beli tiket?? kapan sampai medan??
Aku : " *mulai panik dan bertanya... kenapa dek??? bapak kakak kenapa...

Tanpa jeda jawab adik sepupu ku :

" Bapak Kakak meninggal tadi malam , kecelakaan di tabrak mobil, masuk paret kak, baru diketemukan tadi Subuh.. ini bapak aku (mama tua) sudah berangkat ke Kaban Jahe.. kakak kok masih di Jogja".

Serasa kaya di samber petir.. akupun teriakkkk sambil menangis..

KENAPA DEK..
KENAPA BAPAK KAKAK..
MENINGGAL...
KOK BISA...

Saat itu juga aku jatuh pingsan di depan kos ku.. orang-orang bantu gotong aku..
ternyata saat itu dosenku datang.. teman ku datang..

aku sudah tidak punya tenaga.. yang aku tahu aku ingin pulang ke kaban jahe saat itu juga..
Tiba-tiba ada orang yg sudah membelikan aku tiket pesawat ke Medan  (fakta : sampai aku berangkat ke Kaban jahe, aku nggak tau siapa yang beliin tiket itu.. tapi pas pulang aku baru tahu yang beliin tiket pesawat itu adalah mantannya kakak sepupu aku yang masih di Jogja, pas pulang ke Jogja langusng aku datengin ucapin terimakasih dan ganti uang tiket nya).


"Aku bersyukur masih banyak orang-orang baik disekelilingku meski ada musibah"

Kesedihan tak habis disitu..ternyata..

yang aku lalui adalah penerbangan ke Jakarta 1 jam... transit 5 jam .. penerbangan ke Medan 2 jam dan Kendaraan dari Medan ke Kaban Jahe sekitar 3 jam...
sendirian...
Berat...

Aku tahu maksud sudara-saudaraku di kampung tidak memberitahuku dari awal kenapa bapak ku meninggal..karena perjalanan ku sangat jauh dan sendirian.. agar aku lebih tenang..

Tapi tidak.. yang bisa aku lakukan hanya menangis..

Perjalanan dari Jogja ke Jakarta aku lalui dengan berat.. menangis menangis dan menangis..

Yang bisa aku lakukan hanya mengenang masa kecil, dan mengingat masa-masa terakhir dengan beliau..belum lagi impian ku bawa bapak ke Jogja, lihat aku wisuda,, mau aku aja dia ke pantai Sundak..ke Alun-alun,, beliin batik.. makan di raminten.. bahkan aku sudah ingin sekali bapak mamak jalan sama-sama...

"kenapa secepat ini Tuhan... ??? "

Hati ku makin panas ketika jam nya terbang ke Medan.. malah Delay 2 jam..
Aku teriak.. Aku marah..

Tapi apa guna nya tidak ada yang bisa membantu saat itu..
Hanya saja ada ibu-ibu yang elus-elus aku supaya aku tenang..
Beliau cerita saat itu juga dia pernah di posisiku yang harus mengarungi lautan berhari-hari dengan kapal, karena bapak nya meninggal juga di sebrang pulau.. saat itu bapak nya dikubur duluan dan tidak bisa berbuat apa-apa..

Sambil menenangkan aku, beliau memberi aku makan karena aku belum makan apa-apa dari tadi pagi...

" Masih ada orang baik di Dunia ini, meski tidak kenal satu sama lain.. Aku percaya kita masih ada rasa kemanusiaan,, hal ini perlu diajarkan ke anak kita kelak, biar tidak ada akar-akar ego ketidak-pedulian"

Sampai di Medan sekitar jam 12 malam..atau jam 1 pagi (Percisnya aku lupa)

Masih ada perjalanan 3 jam menuju kaban jahe...

Aku bingung harus menunggu jemputan atau berangkat sendiri..

Aku putuskan naik becak saja apa ya karena sudah tidak ada kendaraan lagi kesana..

tapi ternyata aku di jemput sudara ku..

tapi aneh nya selama di mobil aku diam dan tegar.. (Ga nangis kaya selama diperjalanan Jogja-medan)..

Aku tanya kronologi nya bagaimana, tanya gimana bapak waktu di ketemukan, dimana kejadian dll.. aku nggak nangis supaya mereka bisa  cerita detil dan lengkap..

Perjalanan 2,5 jam itu sungguh.. lama...
bagaikan 2,5 tahun..

Saat sampai...

merinding..

Sedih kalau di Ceritain..



LOVE



Shella Situmorang

Komentar