DIVONIS : DEFISIENSI VITAMIN D - Bahaya Bumil Kekurangan Vit D

Daley Quinn

Well aku masih ingat banget waktu dokter kasih pengantar untuk tes Vitamin D sebelum dia ngasih resep untuk masa kehamilan ku yang waktu itu masuk 12-13 week sama dr. Arie di tambak..

Terus muncul pertanyaan : "Loh dok temen saya kok gada tes-tes ginian yang hamil?? "
Dokter nya jawab : Pada dasarnya wanita Indonesia itu punya kecendrungan kekurangan vit D dan dokter pasti akan kasih vit D untuk bumil-bumil tapi dokter ku mau konsern untuk mau tau kadar Vit D ku, kalau defisiasi yang vatal bisa ditanganin dari imboost vit D.. Kebanyakan suplemen vit D ada yang 400 IU (kebutuhan perhari) ada juga yg di Imboost pakai 1000IU karena kurang vit D nya..

Jadi karena masih di cover asuransi pergi lah aku sama bli untuk cek di RS langsung pada saat itu (ambil darah) oia btw dokter udah wanti-wanti kalau ga mau sakit ambil darah nya pakai needle injector yg kecil aja (Ini ternyata trik yang aku nyesel baru tau sekarang setelah kmaren-kmaren ambil darah untuk tes ini itu *jitak*) untuk hasil nya bisa di ambil 2-3 hari setelah ambil darah.

Waktu itu hasil sungguh mencengangkan karena hasil tes Vit D OH 25 level ku ternyata Defisiensi banget cuman sekitar 10,3 dari normal nya 30-100 berikut tabel nya :

Vitamin D: Deficiency, Sufficiency and Toxicity – Sept 2013 |

Bayangin nya seram ya.. hasil ku ternyata cuman 10,3 yang mana itu defisiensi alias sangat-sangat kurang sekali aku kaget banget ga heran selama ini aku suka sakit sana sini, suka ngerasa lelah berlebih, nyeri-nyeri di semua bagian tulang dan tubuh, rambut rontok dan hampir tiap bulan kena flu batuk.

 Akhirnya dokter harus imboost aku untuk vit D 5000IU langsung, dimana aku agak susah untuk cari vitamin ini, sampai apotik Rini Rawamangun yang terkenal lengkap gitu juga ga punya, akhirnya aku beli online store terpercaya gitu, meski sebelumnya aku minum yg 1000IU dulu selama 2 inggu karena nunggu vitamin D 5000IU datang...

Aku masih ingat banget dapet cibiran gini :

1. Alah pada dasar nya bumil di Indonesia memang kurang vit D kok makanya mereka di kasih resep vit D tanpa tes-tesan segala

   eike jawab ya:  HELOO mas mbak nya, memang pasti cenderung kurang vit D tapi kan ya lu gak tau kadar vit D dalam darah lu, ya kali gue ikut2 aja minum vit D yg di pasaran 400IU (mengikutin kebutuhan sehari-hari) coba gue ikutin saran lu pasti ampe sekarang gue masih super kekurangan vit D anjaiiiii 10,3 dari normal nya 30-100 come on..

2. Yaelah Sel, gue aja minum blackmores aja udah cukup kan ada kandungan vit d nya juga ga usah kebanyakan vitamin-vitamin kasian tar anak lu, kasian ginjal lu...(ini ngedoain anak gue kenapa2 apa ya? ahahahahahah *ketawa jahat*)

 eike jawab ya neik... well memang sudah lengkap vit nya tapi apakah sesuai kebutuhan bumil?? gue langsung dong WA dokter saat itu juga karena nama nya bumil ya agak baperan tingkat dewa hihihihi, dokter nya bilang memang sekelas blackmores seperti lengkap vitamin nya tapi tetap tidak memenuhi kebutuhan ibu Shella.. well gue langsung tenang dan Case Closed.

Tahu Bahaya Bumil kekurangan vit D :

1. Meningkatkan Resiko Bumil Anemia, Diabetes, Preeklamsia, Dll
2. Meningkatkan resiko bumil lahiran sesar yang tidak direncanakan
3. Resiko Bayi lahir dengan berat badan rendah
4. Penurunan Fungsi Kognitif bayi
5. Kerusakan Enamel gigi pada bayi
6. Meningkatkan resiko obesitas selama perkembangan bayi

Dan Masih banyak bahaya bahaya lainnya...

Memang kelebihan Vit D juga sangat bahaya buk-ibuk.. tapi kekurangan juga bahaya.. maka dari itu dokter memungkinkan untuk suruh tes vit D supaya tepat takaran vit nya seimbang supaya bun ibun makin sehat selalu..

Bumil Sehat Bayi Bahagia



Btw Ini vitamin selama aku masuk Second-Trismester menjelang Trimester akhir..


Komentar