USG 4D dan SKRINING di tengah Pandemi COVID-19

Haloo semuanya...


Hari ini aku mau update tentang USG aku di minggu ke 27 Minggu.. Harus nya memang aku di rujuk dokter Bee untuk melakukan USG 4D di dokter Johan Widjaja pada usia hamil 24 minggu... Tapi karena wabah pandemi Korona ga bisa ke rumah sakit dulu kalau bukan Urgent seperti (Mau lahiran, Pendarahan, Ketuban Pecah, Ga ada Gerakan Bayi, dll) jadi nggak di bolehin dr. Bee ke dokter dulu..

Tapi berhubung kita kemarin ada suatu kejadian dimana aku di minggu ke 25 minggu ada flek sedikit (tapi ternyata bukan flek ini koplak kalau di ceritain ahahahah nanti buat cerita khusus aja buat yang ini/hahahahahahhaha). Jadi kita langsung memutuskan untuk Skrinning Our baby by USG 4D minggu depan nya sesuai jadwal dokter Johan Widjaja..

Waktu hari H kita datang paling pertama, di tanggal 16 April 2020, trus nimbang berat badan 62.5 kg naik 1 kg dari minggu lalu aku nimbang 61,5kg dan tekanan darah 110/70 (normal)..
Eh tiba2 suster nya bilang maaf ya bu dokter nya datang 2 jam lagi (tanpa pemberitahuan sebelum nya) mau nangis rasa nya udah siapin mental datang kerumah sakit pas wabah gini, pakai masker dobel sesak nafas terus nunggu 2 jam lagi, waduh baik lah sus kalau gitu saya nunggu dirumah aja ya (kebetulan dekat rumah sakit)...

Pas nyampe rumah, suster nya nelpon "buk dokternya sudah datang, ibu masih dirumah ya, aku kasih duluan pasien selanjutnya ya buk, satu pasien sekitar kurang lebih 40 menit-1 jam". Terus muka gue tambah manyun dong ahahahhahah

Pas kita kembali ke Rumah sakit, susternya langsung nyuruh untuk kosongin kantong kemih sekosong-kosong nya (ternyata aku mengerti kenapa di suruh pipis dulu).

Pas masuk dokternya udah pakai APD lengkap dan mulai berkenalan singkat dan membuka obrolan tentang Corona -_- hahahahhaha basa basi yg ga mengenakkan..

Ternyata USG nya Clear banget langsung kebuka Muka dedek waktu itu astaga... gendud pipi nya, hidung nya besar, bibir tebal (dalam hati gue astaga ini anak siapaaaaaaaaa buakakakakakakakak oia suami aku kan juga rahang nya begitu hidung nya tinggi meski lobang hidung nya gede mirip aku,

ini adalah posisi yang ga mengenakan satu sisi gak kaya orang lain yg rebutan... ih mirip aku papa nya, ih mirip aku mama nya...

kita berdua malah.. versi bli : "waduh ini hidung nya lobang nya besar mirip kamu"... versi aku nya "waduh ini tojong/monyong nya mirip kamu"😓😑 astaga kita sudah membuli anak kita dimulai dari belum lahir/ jangan di contoh ya man teman)

Bukakakakak ternyata kalau USG 4D itu tuas nya di ketok-ketok (buat bangunin bayik nya) terus di tekan-tekan astaga ini menyakitkan banget... aku ngerti kenapa waktu itu disuruh pipis.. kalau ga pipis pasti ada kencing yg keluar dikit2 ahahahahahha, waktu itu aja udah pipis abis usg langung pipis lagi karena di tekan-tekan tadi..

 


Proses USG nya sendiri agak lumayan lama banget sekitar 40 menitan kayanya soalnya dokter sampai detail banget ngecek dari organ-organ dedek bayi.. mulai dari kepala, otak, nggak ada cairan, nggak ada indikasi hydrocepalus, liver, jantung, lambung, ginjal juga di lihat ada batu nya apa enggak, terus sampai detail hitungin satu-satu jari kaki dan tangan...

eh tiba-tiba dokternya bilang gini "waduuuhhhh bu ini kaki nya nyilang" dengan muka serius gitu.. trus aku sama bli langsung diem-dieman "glek"(telen ludah)  trus bilang ke dokter.. "itu gimana dok bahaya ya?" trus dokter nya jawab... wah bahaya sih enggak... tapi... (nunggu lama diem) aku langsung deg deg an.. tapi apa dok??.. susah lahiran normal?? jawab dokter nya "enggak bun lucu aja gitu kaki nya nyilang buakakakakakak trus dia ngakak paling kenceng (aku sama bli palm face 🤦).... astaga ada ya dokter model begitu buat deg-degan aja.

Wahhhhh aman -aman aja kok bu... Plasenta nya posisi nya bagus, Ari-ari nya pas panjang nya, air ketuban cukup (ga lebih ga kurang), cuman memang posisi nya masih melintang bawah tapi cenderung ke kanan,,

Posisi Bayi Melintang, Bisakah Berubah Menjelang Kelahiran?
Pas posisi nya kaya gini melintang kepala di kanan bawah
Tapi dokter waktu itu bilang umur kehamilan 26-27 minggu kemungkinan debay nya masih muter-muter malahan jadi kita lihat aja nanti usg selanjutnya... jadi dokter menyimpulkan kemungkinan aku untuk bisa lahiran normal bisa lebih besar persenan nya karena masih dalam taraf normal semua nya nanti yg menentukan adalah :

1. Posisi Final Janin
2. Pembukaan



Karena hal itu yang ga bisa di atur oleh dokter...

KESIMPULAN

 1. Posisi Air ketuban Normal ukuran 16 AFI Normal nya 5-25 AFI

 2. Posisi Placenta Posterior placenta (menghadap di punggung)

Kicks Count - What is an anterior placenta?... | Facebook
3. Detak Jantung janin (ini agak lumayan tinggi banget) 157 rpm normal nya 120-160rpm

4. Kongential Anomali normal alias tidak ada Cacat dalam tubuh (seperti bibir sumbing, hydrosepalus, semua lengkap, dll), ga ada kelainan jantung,dll

5. Kondisi Lingkar kepala, lingkar perut, berat janin, tulang paha, tinggi janin sesuai umur

6. Janin Tunggal

Oh iya hasil nya sendiri berupa kertas 5 halaman berisi hasil dari organ-organ tadi yang harus aku konsultasiin ke dr. Bee selanjutnya tapi selama dokter kmaren bilang aman-aman aja kita jadi ngerasa aman... dan ada 6 atau 7 hasil print USG nya termasuk 1 print-printan full muka baby nya hahahahha

Well kita kali ini agak sedih karena USG 4D dan Skrining nya ga ditanggung Asuransi sama sekali jadi kita harus bayar full

Biaya USG 4D + Konsul 
RP. 1.058.000,-

Komentar