Cerita Melahirkan

Wah udah lama ya nggak nulis lagi semenjak melahirkan dan menjadi busui selama 3 bulan, tepat nya bisa nulis lagi setelah menjalani rutinitas menjadi Working Mom lagi :), well waktu itu aku ambil cuti maternity 2 minggu sebelum lahiran..

5 Juli 2020

Jam 2 Siang tiba-tiba ada darah keluar tanpa ada kontraksi, saat itu juga aku sama bli meluncur ke dokter dalam hati udah siap lahiran, udah persiapin hospital bag juga (Sebenarnya pengen banget lahiran tanggal 4 juli karena pas saat hari besar Saraswati) tapi waktu itu masih 38 week jadi masih ada 2 minggu sampai HPL.. sampai ke dokter Arie, di cek VT ternyata masih pembukaan satu, dokter estimasi kalau anak pertama kemungkinan lahir masih seminggu lagi (iyaaaa seminggu lagi, lama ya).. 

Btw aku sempat minta lahiran sesar aja (tgl 4 juli) karena semakin mendekati hari lahir aku semakin takut rasa sakit, tapi dokter ku saat itu nggak ngebolehin karena nggak punya komplikasi apa-apa, bahkan waktu aku minta korting seenggak nya di kasih ILA , epidural atau sejenisnya karena aku setakut itu ngelahirin.. :'( dokter arie sabar banget jelasin satu persatu alasan dia supaya aku tetap lahiran normal aja..bun gelombang cinta itu nikmat loh, anugrah yang tiada tara di berikan sang Pencipta untuk seorang wanita (aku terharu leleh.. ahhahaha)

Kami pun langsung pulang dan berfikir paling minggu depan lahirnya, hadeh.. aku masih sempet aktif jalan kaki keliling aprtemen selama setengah jam tiap hari rutin setelah 37 minggu... esok nya..


6 Juli 2020

Masih ingat banget subuh-subuh udah mulai kontraksi tapi masih sakit yang sangat-sangat bisa di toleril banget, sambil cek-cek pakai aplikasi kontraksi ternyata sudah konstan 5 menit sekali, dengan santai nya aku wa dokter..

aku : dok dari aplikasi kontraksi saya 5 menit sekali selama satu jam ini..

dokter : Wah bun boleh k RS sekarang

aku : (karena ngerasa sakit nya 'B' aja) yah dok masih jam 6 pagi, kira-kira boleh nggak jam 9 atau jam 10 saya mau bersih-bersih dulu..

Masih sempat-sempatnya minta korting waktu, tapi jujur saat itu aku nggak kepikiran bakal lahir dalam waktu cepat, aku sama bli dengan polos nya datang ke Rumah sakit nggak bawa hospital maternity bag. 

Jam 11 Siang :

Bidan cek VT (bagian dalam) ternyata sudah pembukaan 2 dan nggak di perbolehin pulang ke Rumah. Aku sama bli bingung ini mau lahiran apa gimana??sambil bengong-bengong nanya suster mau lahiran apa gimana, kata suster kalau anak pertama mungkin agak pertama paling cepat besok lahiran.. yeayyyy aku senang banget waktu itu ...

Akhirnya aku dan bli di test RAPID untuk masuk ke ruang bersalin, bli sempat pulang ke rumah dulu mau ambil hospital bag sama mau siap2in segala alat temput untuk Ari-ari debay nanti..

Waktu bli udah pergi, baru mulai rasa nyut-nyutan waktu kontraksi kok ya rasa nya berjuang sendiri setelah bli pergi ke rumah (Jarak Manggarai- Kemanggisan) aku inget banget bli pergi jam 11 siang baru balik ke RS jam 3 Sore, kaya nya ditinggal seharian soalnya aku benar-benar perjuangan kontraksi sendirian tapi jujur sih no drama dan cepat naik pembukaan (soalnya ga ada yg di ajak ngelendot merintih kesakitan manja manja), aseli aku banget aku dari pembukaan 2 ke pembukaan 6 SENDIRIAN, jadi pas masa-masa aku sendirian aku lebih banyak jalan kaki keliling rumah sakit, kalau kontraksi melanda aku main-mainin gym ball rumah sakit. Pas ngerasain sakit kontraksi nggak ada adegan nangis-nangis merintih kesakitan (bukan karena tahan) tapi emang cuman sendirian ga lucu kan ya nangis2 teriak suami nya ga ada.. ahahahahahah (good point juga ini suami nggak ngedampingin masa-masa kontraksi)

Jam 3 Sore :

Waktu bli datang, bidan datang untuk cek pembukaan VT lagi dan alhasil dia sama bli terkaget-kaget karena aku sudah pembukaan 6 dan disuruh langsung pindah ruangan (bidan nya bingung cepat banget masuk pembukaan 6 dari jam 11 tadi yang cuman pembukaan 2 untuk ukuran anak pertama)

Bidan : Wah bu sudah pembukaan 6 kok ga ada suaranya dari tadi diam-diam aja, hebat loh ukuran anak pertama..

Aku : Kesemsem tersipu malu berasa di puja seantero dunia (lebayyy) ahahah

Kita auto pindah keruangan untuk melahirkan, bidan sudah siap sedia langsung mempersiapkan ruangan dan cepat-cepat menelpon dokter supaya datang..

Wah aku bahagia banget karena ruangan nya udah cantik dan ada box khusus bayik, jadi semangat lahiran..

Dari saat itu aku udah di VT beberapa kali..

Pembukaan 7 Aku cuman disuruh miring kiri dan memang nikmat banget gelombang cinta kontraksi itu (tapi aku selalu nanamin di otak kalau ga ada rasa sakit yang melampaui kemampuan manusia itu Hebat nya sang Pencipta)

masuk pembukaan 8 disini mulai drama karena saat ini udah nggak sabar pengen ngeden, nahan rasa ngeden nya yang nggak tertahan huuuuuu ngilu kalau ingat itu ahahahah

Jam Setengah 6 Sore :

Yay sudah pembukaan lengkap tapi masih nunggu dokter..aku sempat nggak tahan bilang pengen udahan aja rasanya tapi ada suami dan bidan-bidan baik yang selalu support selama proses melahirkan (aku terharuuuu)

Waktu dokter datang masih ditinggal sholat..

Aku pengennnnnnnnnnn ngedennnnnnnnnnnnnnnnn

ngedennnnnnn

ngeden bangettttt

Akhirnya sambil nunggu dokter bidan menuntunku untuk ngeden ternyata aku nggak pintar ngeden.. iyaaaa bener nggak pintar soalnya aku belajar selama ini ternyata untuk pernafasan kontraksi bukan pernafasan ngeden...

Alhasil di briefing dulu sama bidan cara tehnik nafas (Sempet-sempetnya kuliah umum) ahahah

waktu dokter datang aku ganti posisi dari ngeden miring ke ngeden telentang.. cukup lama proses ngedennya ada kali hampir 2 jam , mana sempat disaat-saat terakhir hampir di vacum, dokter sudah suruh bidan untuk siapkan alat vacum karena aku juga sudah lelah banget, tapi karena aku takut banget di vacum, alhasil aku ngumpulin tenaga terakhir sebelum di vacum, yak satu dua tiga (menjerit super keras) aku ngasih tenaga terakhirku ternyata membuahkan hasil..

akhirnya lahir lah baby kami pukul 19.15 abis itu sakit nya langsung hilang seketika (nggak tau ilang kemana) ahahahhaha

Setelah di observasi 2 jam,,, aku makan dan langsung jalan ke kamar mandi, abis itu istirahat dan otomatis aku sudah naik tingkat jadi BUSUI.......

Welcome to Another Drama :P


Komentar